SEJARAH INTERNET DI INDONESIA

"SEJARAH INTERNET DI INDONESIA"

Sistem jaringan ada 3
.:ARPANET
.:BITNET
.:NSF

.: Sejarah internet di indonesia bermula awal tahun 90-an
.: Jaringan internet pertama di Indonesia bernama paguyupan Network
.: R.M. Samik-Ibrahim,Suryono Adisoemarta,Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Anno W. Purbo merupakan nama perintis / nama legendaris di awal pembangunan internet di Indonesia (Tahun 1992-1994)
.: Tulisan di Internet terinspirasi oleh kegiatan amatir radio pada tahun 1986, khususnya di Amatir Radio Club (ARC) ITB. Bermodal pesawat radio pemancar Singel Side Band (SSB). Amatir Radio Kenwood TS430 milik Harya Sudirapratama (YC1HCE) dan kompyuter Apple II milik Anno W. Purbo dll.
.: technologi yang digunakan TCP/IP untuk internet kemudian diadopsi oleh rekan-rekan Robb6y Soebiakto di BPPT (Badan Pengkajian dan Pengembangan Technologi), LAPAN, UI, dan ITB yang kemudian menjadi tumpuan PaguyubanNet antara tahun 1992-1994.
.: Paguyuban Network yang mengkaitkan BPPT,UI, ITB menggunakan teknologi radio paket yang berkecepatan rendah, yaitu sekitar 1200 bps.
.: Robby Soebiakto juga menjadi koordinasi alamat IP pertama dari AMPR-net (Amatir Packet Radio Network) yang di internet dengan domain AMPR.ORG dan IP 44.132.
.: ARPANET di Indonesia kemudian dikoordinir oleh Onno W. Purbo sejak tahun 2000.
.: Salah satu aktivitas AMPR-net adalah mengkoordinasi aktivitas anggota orari melalui mailling list ORARI, Orari-news@yahoogroups.com
.: September 1998 adalah tahun peralihan bagi ITB. karena keterkaitan dengan jaringan penelitian asia internet interconection initiatives, sehingga memperoleh bandwidth 1.5 Mbps ke Jepang yang terus ditambah dengan sambungan ke telkomnet & IIX sebesar 2 Mbps. ITB akhirnya menjadi salah satu bagian penting dalam jaringan pendidikan di Indonesia yangt menemakan dirinya 4I3 indonesia yang mengaitkan > 25 lembaga pendidikan di Indonesia tahun 1997-1998.


***1 byte = 8 bit
1 bit = 1 karakter****

.: ORARI : Organisasi Amatir Radio Indonesia
.: IIX : Indonesia Internet Excange

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar